D. BAGIAN LAIN TUMBUHAN

1. Bunga
Hampir semua orang menyukai bunga. Kita biasanya menanam tanaman hias yang berbunga dan harum. Ukuran bunga bermacam-macam, ada yang kasar dan ada yang kecil.

Coba anda amati sekuntum bunga. Perhatikanlah bentuk warna bunga itu. Dengan mengetahui jenis bunga, kita dapat mengenal jenis tumbuhannya.
a. Struktur Bunga
bunga tersusun atas beberapa bagian. Bunga sempurna memiliki lima bagian, yaitu tangkai, dasar bunga, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Tangkai bunga menghubungkan bunga dengan batang. Bentuk pangkal tangkai bunga agak membesar. Bagian tangkai yang membesar ini merupakan dasar bunga. Saat bunga belum mekar, mahkota bunga dibungkus oleh kelopak bunga. Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga. Mahkota bunga memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Keindahan bunga ditentukan oleh bentuk dan warna mahkota bunga. Didalam mahkota bunga terdapat bagian bunga yang bentuknya seperti benang yang disebut benang sari. Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga. Bunga ada yang benang sarinya banyak dan ada yang sedikit. Pada bagian tengah bunga juga ada bagian yang agak membesar yang disebut putik. Putik merupakan alat kelamin betina pada bunga.

b. Kegunaan Bunga Bagi Tumbuhan
Mahkota bunga biasanya memiliki bentuk dan warna yang indah. Mahkota yang indah menarik perhatian serangga, misalnya kupu-kupu. Akibatnya, tanpada disengaja kupu-kupu membantu terjadinya penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Penyerbukan merupakan awal terjadinya perkembangbiakan tumbuhan. Jadi, bunga memiliki beberapa kegunaan. Bunga mempercantik tumbuhan. Bunga menjadi tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan.

0 komentar:

Posting Komentar