B. BATANG

Batang merupakan bagian tumbuhan yang amat penting. Batang dapat diumpamakan sebagai sumbuh tumbuhan.

1. Jenis Batang
Batang tumbuhan dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput. Tumbuhan batang basah memiliki batang yang lunak dan barair, misalnya bayam. Tumbuhan batang berkayu mempunyai kambium. Kambium adalah bagian didalam batang yang hanya memiliki tumbuhan batang berkayu. Kambium mengalami dua arah pertumbuhan. Pertumbuhan kambium ke arah luar membentuk kulit. Pertumbuhan ke arah dalam membentuk kayu. Akibat pertumbuhan kambum, batang bertambah besar. Contoh tumbuhan yang memiliki batang berkayu adalah pohon jati, jambu, rambutan, nangka, dan mahoni. Tumbuhan batang rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan sering berongga, misalnya tanaman padi dan rumput-rumputan.

2. Kegunaan Batang Bagi Tumbuhan
Batang mempunyai beberapa kegunaan. Batang berguna sebagai pengangkut, penopang, dan penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Batang berguna sebagai pengangkut alat atau transfortasi tumbuhan. Batang mengangkut zat hara dan air dari akar ke daun. Batang juga mengangkut makanan dari tempat pemasakannya, yaitu dari daun ke bagian tumbuhan yang lain.

Batang berguna sebagai penopang tumbuhan. Tujuannya antara lain agar tumbuhan mudah mendapat cahaya (khususnya cahaya matahari). Batang tumbuhan semakin tinggi atau semakin panjang. Dengan begitu, daun yang tumbuh pada batang makin mudah mendapat cahaya.

Pada beberapa tumbuhan, batang berguna sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. Pada umunya, makanan cadangan itu dapat juga kita manfaatkan, misalnya pada tebu, kentang, dan sagu.

0 komentar:

Posting Komentar