C. DAUN

Daun merupakan bagian tumbuhan yang hanya tumbuh dari batang. Dauan biasanya berbentuk tipis melebar dan berwarna hijau. Warna hijau itu disebabkan adanya klorofil, yaitu zat hijau daun. Ada daun yang warnanya hijau muda dan ada yang hijau tua. Namun demikian, ada juga daun tumbuhan yang tidak berwarna hijau, misalnya daun puring. Coba anda sebutkan daun tumbuhan lainnya yang tidak berwarna hijau.

1. Bentuk daun
Daun yang lengkap memiliki bagian-bagian yang berupa pelepah, tangkai, dan helai daun. Akan tetapi, kebanyakan tumbuhan mempunyai yang tidak lengkap. Misalnya, ada daun yang terdiri atas tangkai dan helai daun saja. Sebagian besar tumbuhan seperti ini, misalnya daun nangka dan mangga. Ada pula daun yanghanya terdiri dari pelepah dan helai daun. Contoh daun seperti ini adalah daun padi dan daun jagung.

Bagian daun umumnya paling kelihatan adalah helai daun. Ada berbagai macam bentuk helai daun. Bentuk helai daun dipengaruhi bentuk susunan tulang daun. Bentuk susunan tulang daun terdiri dari tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar. Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan. Tulang daun menyirip dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun mangga, rambutan, jambu, dan nangka. Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari-jari tangan. Tulang daun menjari dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun papaya, singkong, jarak dan kapas. Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tiap-tiap ujung tulang daun itu terlihat menyatu, misalnya daun genjer dan gadung. Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun tersebut menyatu, misalnya semua jenis rumput-rumputan.

Ada dua jenis daun berdasarkan jumlah helai daun pada tangkai daun. Jika pada sebatang tangkai daun hanya terdapat satu helai daun, disebut daun majemuk, misalnya daun belimbing.

2. Kegunaan Daun Bagi Tumbuhan
Daun mempunyai beberapa kegunaan. Daun berguna sebagai tempat pemasakan makanan. Daun juga berguna sebagai alat pernapasan tumbuhan. Daun menjadi tempat berlangsungnya proses penguapan. Daun berguna sebagai dapur tumbuhan. Di daun terjadi pemasakan makanan. Makanan itu digunakan tumbuhan untuk kelangsungan hidupnya.

Daun berguna sebagai alat pernapasan tumbuhan. Dipermukaan daun terdapat pori-pori atau mulut daun. Mulut daun disebut juga stomata. Tumbuhan membutuhkan udara untuk pernapasan. Udara masuk ke tumbuhan melalui stomata. Daun berguna sebagai tempat berlangsungnya penguapan. Jika terlalu banyak air dalam tubuh tumbuhan, tumbuhan itu dapat busuk dan mati. Agar tidak busuk, kelebihan air harus dikeluarkan dari tumbuhan. Kelebihan air itu dikeluarkan melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Dengan begitu, tumbuhan tidak busuk karena terlalu banyak air.

0 komentar:

Posting Komentar